Rabu, 06 Mei 2015

SELAMATA DATANG DI SMK TALENTA BANGSA SUKATANI

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat berjumpa dengan SMK Talenta Bangsa Sukatani Kabupaten Bekasi.



A.     LATAR BELAKANG

Pendidikan adalah sebuah investasi, yang akan mengantarkan anak-anak dan orang tuanya mencapai tujuan yang akan dicapai atau yang dicita-citakan. Cita – cita akan tercapai apabila didasarkan pada pilihan yang tepat guna mendukung apa yang telah menjadi pilihan. Pendidikan merupakan pondasi yang kokoh agar generasi muda tidak terbelenggu oleh keterbelakangan. Masa depan bangsa tergantung kepada sumber daya manusia ( SDM ) yang handal, berkualitas, berkarakter, mandiri, berkepribadian ahklaqul karimah, mempunyai jati diri yang kuat serta menguasai ilmu pengetahuan teknologi.
SMK Talenta Bangsa dibawah naungan Yayasan Islam “ Karsa Utama “  hadir dalam rangka membantu masyarakat pada umumnya dan warga sekitar pada khususnya untuk mencapai tujuan dan cita-cita warga sesuai dengan keinginannya. Berangkat dari keprihatinan yang selama ini terlihat yang mana masih banyaknya generasi muda yang telah berpendidikan menengah masih banyak yang menganggur atau tidak terserap dalam dunia kerja. Sekolah hanya sebatas meluluskan peserta didik tanpa dibekali ketrampilan yang memadai serta tidak disalurkannya dalam mencari kerja/kuliah. Dengan kondisi yang demikian, SMK Talenta Bangsa hadir untuk menjawab permasalahan tersebut dengan sungguh-sungguh.
SMK Talenta Bangsa mengemban tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa sebagai penunjang lahirnya sumber daya manusia yang berkualitas. Kami melakukan inovasi dan analisis yang kuat pada pendidikan yang akan mengintegrasikan seluruh aktifitas, kurikulum, target dan tujuan pembelajaran guna menghasilkan siswa-siswi yang memiliki kemampuan skill, intelgent, spiritual serta berjati diri guna menghasilkan lulusan yang trampil, produktif, inovatif, mandiri dan profesional serta berpegang teguh pada jati diri sebagai warga negara  guna menyosong karier di masa depan. 
SMK Talenta Bangsa menerapkan konsep pembelajaran yang interaktif dengan mengutamakan pelayanan yang  optimal, kejujuran, kesungguhan, dedikasi dan ketulusan dalam pengabdian serta menanamkan jati diri sebagai warga negara yang baik yang mampu mengisi kemerdekaan. Jati diri perlu ditanamkan sejak dini agar generasi muda tidak lupa akan bangsa dan negaranya serta budaya dan karakteristiknya. ( Berkarakter Bangsa ).
SMK Talenta Bangsa menyadari bahwa di era globalisasi ini, perkembangan IPTEK sangat cepat dan sulit dibendung. Satu-satunya jalan adalah kita harus bisa mengendalikan serta mampu menguasi IPTEK sesuai dengan jati diri kita sebagai bangsa indonesia. Untuk itu kami akan menerapkan konsep yang mana agar diperoleh penguasaan IPTEK yang baik, perlu didampingi penguasaan Agama dan jati dirinya secara maksimal. Dengan diperolehnya lulusan yang menguasai IPTEK yang berjati diri dan berkeagamaan, maka generasi kita akan mampu mengatasi masalahnya dengan baik.
SMK Talenta Bangsa lahir untuk menjebatani siswa – siswa untuk menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi dengan berbagai cara disesuaikan dengan karakteristik individu dan lingkungan sekitar.

B.      VISI  SMK “Talenta Bangsa
Membangun Generasi Mandiri yang Berjati Diri menuju Masyarakat Madani yang berhati Nurani.

C.      MISI SMK “Talenta Bangsa
1. Mewujudkan terciptanya pemerataan dan peningkatan mutu sekolah sehingga menjadi sekolah pilihan warga.
2. Menumbuhkan sikap mandiri, disiplin, kreatif, inovatif dan produktif dengan penguasaan life skill.
3. Membentuk sekolah sebagai tempat dan wadah untuk mengembangkan kreatifitas, bakat dan minat dengan orientasi pada prestasi melalui Ekstrakulikuler.
4. Menerapkan manajemen sekolah yang partisipatif dengan melibatkan seluruh komunitas warga sekolah dan masyarakat serta instansi terkait.
5. Membangun talenta-talenta muda yang berjati diri berdasar pada kemanpuan diri sendiri sehingga mampu mengatahui posisi dirinya untuk menyongsong masa depan.

D.      TENAGA PENDIDIK
Tenaga kependidikan kami adalah para praktisi yang profesional di bidangnya masing – masing berdasarkan kulifikasi S1 dan S2 dari Perguruan Tinggi terkemuka.

E.      KURIKULUM
Kurikulum yang dipergunakan adalah kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Ditambah muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja / wiraswasta serta untuk menciptakan generasi yang berjati diri dan berpendirian teguh.

F.       EKSTRAKURIKULER
1. Rohis ( Rohani Islam )             7.   Sepak Bola
2. Marawis                                    8.   Futsal
3. Paskibra                                    9.   Band
4. Bola Volly                                 10. Pramuka
5. Karate/Pencak Silat                  11. English Club
6. Menjahit                                   12. Japaness Club



G.   KEISTIMEWAAN SMK Talenta Bangsa
1.     Kami telah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan tingkat SMK lebih dari 12 tahun dan berhasil dengan baik.
2.     Selama 12 tahun mengelola SMK Kelulusan Ujian Nasional selalu 100 %.
3.     Selalu aktif mengikuti lomba segala bidang guna mengembangkan minat dan bakat siswa – siswi dan telah memperoleh berbagai prestasi kejuaraan
4.     Lulusannya dijamin Kerja dengan cara disalurkan sendiri oleh sekolah ke perusahaan – perusahaan.
5.     Mengakomodasi hoby dan minat bakat siswa agar tersalurkan dengan baik dan benar.
6.     Melaksanakan sholat Dhuhur dan Ashar berjama’ah di masjid setiap harinya guna membentuk jati diri muslim yang kuat dan Agamis.
7.     Berjuang sekuat tenaga untuk melengkapi sarana dan prasarana guna menunjang pembelajaran.
8.     Terdapat muatan lokal yang berupa life skill untuk bekal kelak setelah lulus. ( Listrik Rumah tangga, Sopir dll ).
9.     Biaya terjangkau dan bisa dianggsur ( berazas murah tapi berkualitas sesuai harapan masyarakat ).
10.  Bagi anak yatim, Kurang mampu dibantu dicarikan Bapak angkat untuk membiayai sekolah sampai selesai.
11.  Ada keringanan bagi siswa yang kurang mampu.
12.  Ada baeasiswa bagi yang berprestasi.

H.      LAPANGAN PEKERJAAN SESUAI DENGAN JURUSAN  :
1. Teknik Mekani Otomotif / Teknik Kendaraan Ringan :
Sebagai tenaga teknisi, Pelayanan Suku Cadang, Operator , teknisi Perakitan, wiraswasta bidang otomotif.
2. Teknik Sepeda Motor :
Sebagai tenaga teknisi, Pelayanan Suku Cadang, teknisi Perakitan, wiraswasta ( bengkel ) bidang Sepeda Motor.
3. Teknik Ototronik :
Sebagai tenaga teknisi, Pelayanan Suku Cadang, Operator , teknisi Perakitan, wiraswasta bidang otomotif khususnya bagi kendaraan yang memakai sistem otomatisasi.  ( Mobil EFI, Matic, dll )
4.       Teknik Komputer Jaringan:
Sebagai tenaga teknisi, Pelayanan Suku Cadang, Operator , teknisi Perakitan, wiraswasta bidang Komputer.
5.       Akuntansi:
Sebagai Staff Keuangan, Acounting, wiraswasta bidang akuntansi.
6.       Administrasi Perkantoran/ Sekretaris
Sebagai Staff Administarsi, Sekretaris, wiraswasta bidang Administrasi. ( Travell, Jasa Pengetikan dll ).

Semoga dengan hadirnya kami di blog ini bisa membantu Sekolah dalam mempublikasikan keberadaan Sekolah ini.
Terimakasih,
Wss.




1 komentar: